Blogger Template by Blogcrowds

EKONOMI DAN KEADILAN

Secara khusus keadilan itu penting dalam konteks ekonomi dan bisnis karena tidak pernah sebatas perasaan atau sikap batin saja tetapi menyangkut kepentingan atau barang yang dimiliki atau dituntut oleh pelbagai pihak.


Antara ekonomi dan keadilan terjalin hubungan erat, karena dua – duanya berasal dari sumber yang sama yaitu bersumber pada masalah kelangkaan. Ekonomi timbul karena keterbatasan sumber daya. Hal ini berlaku bagi ekonomi sebagai praktek maupun teori. Ekonomi adalah bidang study tentang cara bagaimana masyarakat menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi komoditas – komoditas yang berharga dan mendistribusikannya diantara orang – orang yang yang berbeda.


Seandainya tidak ada kelangkaan maka tidak akan ada ekonomi tetapi hal yang sama dapat dikatakan juga tentang keadilan seandainya tidak ada kelangkaan maka tidak akan ada keadilan pula. Selama barang berlimpah – limpah maka tidak bisa muncul masalah keadilan. Masalah keadilan atau ketidakadilan baru muncul jika tidak tersedia ruang cukup bagi semua orang untuk menginginkan barang atau jasa tersebut.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Beranda