Konsumen merupakan Stakeholders yang sangat hakiki dalam bisnis modern. Bisnis tidak mungkin berjalan kalau tidak ada konsumen yang menggunakan produk atau jasa yang dibuat dan ditawarkan oleh bisnis. Dalam hal ini tentu tidak cukup bila konsumen tampil satu kali saja pada saat bisnis dimulai. Supaya bisnis berkesinambungan perlulah konsumen yang secara teratur memakai serta membeli produk atau jasa tersebut dengan demikian menjadi pelanggan. Pelanggan menduduki posisi kunci untuk menjamin kesuksesan setiap bisnis “The Customer is king“ Ungkapan tersebut sekaligus menunjukkan tugas pokok bagi Produsen atau penyedia jasa untuk mengupayakan kepuasan konsumen
Apa saja yang harus diperlakukan produsen terhadap konsumen untuk dapat mencapai kepuasan konsumen :
- Perhatian untuk konsumen
- Hak Atas Informasi
- Hak Untuk Memilih
- Hak Untuk Didengarkan
- Hak lingkungan hidup Hak Konsumen atas Pendidikan
0 komentar:
Posting Komentar